Mengapa Bulan Ramadhan Selalu Maju Tiap Tahun ? Begini Penjelasannya!

Mengapa Bulan Ramadhan Selalu Maju Tiap Tahun ? Begini Penjelasannya!

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nantikan oleh umat islam di seluruh dunia. Semua orang bersuka cita menyambut bulan yang mulia ini. Namun, yang menjadi keanehan, Mengapa Bulan Ramadhan Selalu Maju Tiap Tahun ya? Begini Penjelasannya :

Sistem Penanggalan Hijriah

Sistem penanggalan pada kalender Hijriah didasarkan pada perubahan fase Bulan, dari bulan penampakan hilal atau bulan sabit tipis ke hilal berikutnya. Satu periode hilal sama dengan satu periode sinodis Bulan, lamanya29,5306 hari.

Berbeda dari kalender Masehi yang digunakan di seluruh dunia untuk kepentingan administrasi, kalender Bulan umumnya digunakan untuk keperluan ritual agama dan tradisi. Kedua kalender, satu tahun sama-sama terdiri dari 12 bulan. Satu tahun Hijriah memiliki 12 periode sinodis Bulan atau 354,366 hari. Dibulatkan jadi 354 hari atau 355 hari untuk tahun kabisat.

Sistem Penanggalan Masehi

Sedangkan Kalender Masehi didasarkan atas peredaran Bumi mengelilingi Matahari dari satu titik tertentu yang disebut solstis atau equinox kembali ke titik itu. Lama perjalanan Bumi mengelilingi Matahari 365,2422 hari—disebut satu tahun tropis, dibulatkan menjadi 365 hari atau 366 hari untuk tahun kabisat.

KESIMPULAN
Perbedaan jumlah hari dalam satu tahun Hijriah dan Masehi menyebabkan pelaksanaan ibadah Bulan Ramadhan, perayaan Idul Fitri, dan Idul Adha selalu maju 10-12 hari dari tahun sebelumnya. Selisih 10 hari lebih maju terjadi jika tahun kalender Hijriah adalah tahun kabisat dan tahun Masehi-nya adalah tahun biasa atau tahun basit (pendek). Sedangkan selisih maju 12 hari terjadi jika tahun Hijriah-nya tahun biasa dan tahun Masehi-nya termasuk tahun kabisat.

Nah jadi perbedaan inilah yang membuat Bulan Ramadhan selalu datang lebih awal tiap tahunnya, sehingga kita tidak pernah merasakan hari pertama puasa di tanggal yang sama maupun saat merayakan Hari Raya Idul Fitri & Idul Adha. Besar kemungkinan nanti kita akan berpuasa di bulan Januari dan tidak menutup kemungkinan juga kita akan merasakan bulan puasa sebanyak 2x dalam 1 tahun Masehi dalam beberapa tahun ke depan.

sumber : http://www.viaberita.com/5799/mengapa-bulan-ramadhan-selalu-maju-tiap-tahun-begini-penjelasannya/

Artikel Terkait

Mengapa Bulan Ramadhan Selalu Maju Tiap Tahun ? Begini Penjelasannya!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email